Hendrolim's Weblog

December 23, 2007

Pengen Tau Aja

Filed under: Database — hendrolim @ 5:04 pm

Saya pengen tau apakah basis data itu sebaiknya bersifat statik atau dinamik? Maksudnya sebaiknya apakah jumlah tabel pada basis data tetap atau bisa berubah-ubah. Saya pernah menghadapi persoalan seperti ini. Misalnya saya ingin mengembangkan suatu basis data yang mengelola pembelian buku pada suatu toko buku. Dan saya ingin menyimpan history dari buku-buku yang dibeli oleh pelanggan. Tabel-tabelnya sebagai berikut.
1. Tabel pelanggan untuk menyimpan data-data setiap pelanggan dengan field nip, nama, tempat/tanggal lahir, dll dengan primary key nip(nomor induk pegawai).
2. Tabel histroy untuk menyimpan history buku-buku yang dibeli oleh pelanggan
Untuk membangun tabel history ini, ada 2 pandangan:
1. Pandangan saya, saya lebih suka membuat tabel dengan nama nip pelanggan untuk menyimpan historynya. Sehingga setiap ada pelanggan yang mendaftar, akan dibuat suatu tabel history baru dengan nama nipnya. jadi jumlah tabel akan berubah-ubah sesuai dengan jumlah pelanggan. Jadi dalam tabel tersebut cukup dibuat field nama buku, pengarang, dll tanpa harus menyimpan field nip pelanggan.
2. Pandangan satu lagi, akan dibuat tabel history umum untuk menyimpan pembelian semua pelanggan sehingga perlu ditambahkan field nip pelanggan. Selain itu, jika seorang pelanggan melakukan 10x pembelian, maka field nip itu akan diisi dengan nip yang sama sebanyak 10x. saya kurang suka dengan hal ini.

Oleh karena itu, saya ingin meminta pendapat-pendapat kakak-kakak sekalian mengenai pandangan saya ini. Saya minta petunjuknya kk ^o^

Pendapat mengenai komentar Zakka :

Ga pa2 kok. Saya bener2 penasaran dengan pandangan saya ini. Emank sik kedua pandangan ini ga bisa dibandingin begitu aja. Tergantung pada penggunaannya gimana nanti.

Tapi saya sik sebenarnya masih lebih setuju pandangan pertama saya untuk kasus diatas. Untuk data pelanggan yang lebih banyak, jika menggunakan pandangan kedua, tentu tabel historynya akan membengkak n jadi besar banget n mungkin dibutuhkan waktu yang lama untuk mengaksesnya. Sedangkan kalo pake pandangan pertama, memank tabelnya jadi banyak. Tp isinya ga membengkak n waktu aksesnya lebih cepet.

Trima kasih atas komentarnya

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

